Minggu, 02 Juni 2013

Cara Membuat SKCK dan Kartu Kuning AKI/Kartu Pencari Kerja



Prosedur Resmi Pembuatan SKCK
SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) atau sering disebut surat kelakuan baik sangat banyak fungsinya, utamanya dalam hal untuk mencari pekerjaan surat ini digunakan oleh perusahaan/lembaga yang kita lamar sebagai acuan apakah kita memiliki catatan kriminal apa tidak. Nah buat teman-teman yang mau membuat SKCK mungkin akan merasa wah ribet banget prosedurnya, ntar aku har us kemana aja, syaratnya apa aja,,,yep prosedurnya sangat gampang walaupun melewati beberapa Tahap dr tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten, Berikut prosedurnya:
Persiapan Awal: KK, KTP, Akta lahir, foto 4x6 warna 10 lembar, bolpoin, duit.
1.      Mintalah surat pengantar dari desa (bilang aja mau bikin SKCK) tapi yang sopan ya sob, contoh: “pak lurah nuwun sewu, badhe nyuwun surat pengantar kangge ndamel SKCK” hehehe
2.      Dengan berbekal surat pengantar dari desa datanglah ke kantor kecamatan, bilang mau bikin SKCK serahkan surat pengantar dari desa, nanti surat pengantar dari desa akan dilengkapi dengan tandatangan Pak Camat dan diserahkan kembali ke anda (bayar biaya administrasi seihlasnya 3-5 ribu aja. Sebenere sich gratis -,-) eh jangan lupa bawa KK, KTP & Akta Kelahiran).
3.      Nah langsung aja ke Koramil tapi kadang langsung disuruh ke Polsek foto copy Akta Kelahiran, KK, dan KTP masing 1 lembar. Foto warna 4x6 5 lembar background merah. Ikuti prosedur yang ada (termasuk mengisi angket biodata pribadi) setelah semua selesai anda akan mendapat surat dari Polsek untuk selanjutnya dibawa ke POLRES. (biaya Rp. 10.000,-)
4.      Dah hampir final, di POLRES kita langsung aja ke loket pembuatan SKCK serahkan surat dari POLSEK serta foto 4x6 warna 5 lembar nanti kita akan disuruh mengisi formulir, serahkan formulir, kemudian kita ke loket pengecekan sidik jari (bayar Rp.5000,-) setelah dapat kartu sidik jari datanglah lagi ke loket SKCK untuk mengambil SKCK kita yang sudah jadi (bayar Rp.15000,-) , jangan leha-leha dulu, ada baiknya foto copi SKCK anda untuk sekalian dilegalisir sebanyak 10 lembar. SELESAI. Good luck guys! Moga ketrima kerja di tempat yang anda idam2kan. Amin!! hubungi saya jika ada syukurannya...ehehe :D
*) Masa Aktif 6 Bulan, untuk perpanjang datang ke POLRES dengan menyerahkan SKCK lama.




Prosedur Pembuatan Kartu Kuning/AKI
Kartu Kuning atau disebut Kartu Bukti Pendaftaran Pencari Kerja adlah syarat wajib bagi yang ingin mendaftar di kantor-kantor pemerintahan, prosedur pembuatannya sangat mudah datanglah langsung ke Kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi , berikut langkah-langkahnya:

Persiapan awal: foto copy ijazah dari SD, SMP, SMA, S1, dst) 1 lembar saja, foto 3x4 2 lembar boleh hitam putih boleh warna, dan bolpoin.
1.      Langsung saja ke loket pembuatan kartu kuning/AKI isi formulir yang berisi tentang biadata pribadi dan sekolah, serahkan kembali ke petugas beserta foto kita.
2.      Setelah nama kita di panggil nah sudah jadi. It’s free gretong alias gratis... eit jangan santai dulu foto copy sebanyak 6 lembar untuk mendapat legalisir. Semoga sukses!! J

*) Masa aktif 1,5 tahun, untuk perpanjang datang langsung ke loket serahkan kartu lama dan juga bawa foto 3x4 2 lembar.


 






51 komentar:

  1. Nama, tempat dan pelaku disamarkan.

    BalasHapus
  2. mantaaaaapppp makasih onfonya om...

    BalasHapus
  3. untuk skck fotonya mesti background merah ya ?
    mohon info.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sob aku liat sendiri di pengumuman Loketnya...Good luck!

      Hapus
  4. untuk membuat SKCK sebeneranya cukup bayar Rp. 10.000 aja.
    ada SOP nya kok SKEP KAPOLRI NO. POL : SKEP/816/IX/2003

    Kalo buat SKCK ya gratis..
    :)
    Selamatkan Indonesia dari korupsi ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasa sob, alesan mereka buat "Sangu" pa lagi mendekati lebaran,,THR kalee ya..ckckck.Ironi! emmm gini, SKCK untuk nglamar di BUMN,CPNS, dan perusahaan besar biasanya SKCK nya dari POLRES, kalo perusahaan kecil cukup di POLSEK saja dg biaya 10rb.

      Hapus
    2. klo d aceh bwt skck sampai 50rb -_-

      Hapus
  5. *NB: untuk perpanjangan SKCK di POLRES harap bawa 1).foto Warna Ukuran 4x6 bacground Merah 4Lembar,
    2).SKCK lama (asli),
    3).Fotocopy KTP 1 lembar,
    4) Kartu sidik Jari.
    BIAYA Rp.10.000,- (jangan lupa fotocopy max 5 lembar unt legalisir). trims :)foto pakaian sopan jangan pakai kaos.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang legalisirnya dimana? he...

      Hapus
    2. ehehe... SKCK ya d kantor Polisi... tapi kalo pgen d kantor Desa jg boleh,,,ckckc :P

      Hapus
    3. mau tanya..
      aku SKCK udh abis akhir september th lalu,ni bisa perpanjang atau hrs bikin baru?
      makasih infonya.. :)

      Hapus
    4. perpanjang ja mbak... syaratnya ada di koment atas.. :D

      Hapus
  6. Mau nanya, waktu itu kan saya bikin skck di polsek, jadi skck nya keluaran polsek.. Kalo mau perpanjang langsung di polres bisa ga ya? Atau saya harus bikin baru ya? Makasi sebelumnya

    BalasHapus
  7. wah gini mbak Mutia, anda bikinnya di Polsek saya rasa perpanjangannya ya di polsek. tapi kalau ingin membuat skck Polres mungkin anda tinggal bilang di Polsek tempat anda membuat skck dengan membawa identitas dan skck asli & ikuti prosedur yang ada. moga sukses.

    BalasHapus
  8. mau nnya mas , itu surat pengantar dari desa dari kelurahan apa dari rt juga yaa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap daerah mempunyai kbijakan sndiri,ada yg dr RT dl,kl mmg d tmpt tinggal mb April d suruh lwt RT dulu baru ke Kantor desa ya ikuti aja mb prosedur yang ada. coba dulu tanya d lingkungan anda tinggal demi kelancaran proses selanjutnya, eh jgn lupa Membawa Kartu keluarga kl mau ngurus di kelurahan/di kepala desa ini unt membuktikan anda warga situ. semoga sukses!!, Terimakasih ats kunjungannya :D

      Hapus
  9. Kalau mau memperpanjang skck yang masa berlakunya sudah habis itu bagaimana ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jwbnnya ada dikomen atas mz..monggo d cermati :)

      Hapus
  10. mas mau tanya donk, saya orang batang-jateng dan KTP saya juga dari sana. tapi sekarang saya domisili ditangerang, nah kalo saya mau bikin kartu kuning apa harus bikin di batang??? bisa ga kalo bikin-na ditangerang? mohon pencerahannya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih...pertanyaan yang berbobot, menurut saya hrs sesuai KTP yang anda pegang... atw kalau ingin jelas bisa anda hub polsek/polres terdekat..

      Hapus
  11. gan mau tanya kalau SKCKnya sudah habis 4 thn yg lalu apakah masih bisa diperpanjang...mksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya masih bisa, atw kl ingin jelas tanya dulu k petugas loket SKCKnya,,

      Hapus
  12. Kalau kk 'πƴª tuh ng@k ada gmana gan?sbagai pnggantinya harus pakai ªP̤̈α?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dengan KTP atau Identitas lain..

      Hapus
  13. mas,mau nanya juga donk,,,kartu kuning itu buatnya di daerah tempat melamar kerja atau bisa di daerah asal?? saya asal kab.bone tapi mau ngelamar kerjanya d makassar. buat kartu kuningnya dmana ya???

    BalasHapus
  14. sepertinya sesuai alamat KTP yang anda pegang.. atau tanya langsung di kantor pembuat kartu kuning terdekat. good luck!

    BalasHapus
  15. Wah ada gak yah pasfoto background merah,, kenapa harus merah sih? kalau ditotal bikin skck itu biayanya berapa (sebutanya biaya administrasi), gak termasuk ongkos angkot, ngeteh atau ngopi dll) hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduwh Relaif bro.. paling rata2 Rp. 20.000-25.000

      Hapus
  16. Mau nanya, bikin krtu kuning dan skck sebagai prasyarat seleksi sebekum test tertulisvatau stlah lolos test trtulis (TKD,TKB dll)?

    BalasHapus
  17. mw tanya,tuk skck cew fotone pa gk bleh pke jlbb??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya boleh-boleh saja mba'....

      Hapus
  18. Koq ke polsex lg sich,emang langsung ke polres kenapa*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe santai mb bro.. kita ikuti mekanisme aja.. :D

      Hapus
  19. Halo emang surat pengantar dr kepala desa,harus ke camat lg ya*

    BalasHapus
  20. Kalo bikin surat kuning g pake surat pengantar kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak mba'... langsung aja kantor tpt pembuatan AKI dg membawa syarat2 d ats. good luck

      Hapus
  21. Maaf mau nanya.
    SKCK berlaku bisa 6 bulan di daerah mana ya ?
    Saya buat SKCK dan memperpanjang hanya berlaku 3 bulan saja di di Polres Bekasi. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. lho singkat banget? sudah peraturan SKCK berlaku 6 bln.silahken tanya temen atw sodara lain daerah.

      Hapus
  22. Kalo mau perpanjang kartu kuning yg uda expierd lama bs lgsg dtg ato mulai dr awal lg??
    Trus itu ijasah harus legalisir ato copy biasa???

    BalasHapus
    Balasan
    1. lamanya berapa thn? kl lbih 3 thn lbh baik bikin lg aja dr nol. copy biasa tnpa lgalisir.

      Hapus
  23. untuk pembuatan kartu kuning menggunakan skl bisa gak? krn ijazah blm keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan yang sulit..ane g bs jwb. tkt slh, silahken sharing d temen anda aja brow. atw dtng lngsung k dinas tempat pembuatan skck unt menanyakan hal tsb. tapi KEMUNGKIAN BESAR wajib pake Ijazah.

      Hapus
  24. Sangat membantu thanks Infonya Gan...!

    BalasHapus
  25. untuk skck gak perlu bawa ijazah ya?? untuk kartu kuning doank???

    BalasHapus
  26. Maaf mau tanya juga nih.
    saya kan dari lampung, sekarang di bekasi, nah kalo bikin skck di bekasi pake KTP+KK lampung gimana ya gan, bisa enggak. mohon pencerahanya.!!

    BalasHapus
  27. @kunio:bener sob. ....
    @ubaid:bisa sob. ...silahkan dtng d polres tmpt anda tinggal skrng

    BalasHapus
  28. mas saya kan sudah buat SKCK polsek dan masih berlaku.
    kalau mau buat SKCK Polres untuk CPNS/BUMN apa harus buat ulang, atau bagaimana mas?

    secara ane udah buat SKCK polsek. tolong dijawab mas? hehehe

    BalasHapus