Rabu, 11 Januari 2012

Sejarah Berdirinya SMP Negeri 1 Lasem Kabupaten Rembang, Jawa Tengah


Sejarah Berdirinya SMP N 1 Lasem
(Sekolah Unggulan Se-Kabupaten Rembang) 


Perjalanannya Dari Masa ke Masa
            SMP Negeri 1 Lasem yang dikenal oleh para alumninya dengan sebutan SMP RITULA (negeRI saTu Lasem) dan merupakan sekolah terbaik se-Kabupaten Rembang ternyata mempunyai sejarah yang panjang. Mulai dari nama sampai lokasi sekolah sekolah hampir semua mengalami perubahan
            SMP yang sekarang beralamat di jalan Raya nomor 1 Lasem ini jika ditelusuri mula-mula merupakan gabungan antara SMP Panca Bakti dan SMP Nasional. Lokasi SMP dulu berada di gedung yang sekarang menjadi gedung Galeri Batik Lasem dulunya difungsikan menjadi Gedung PDAM Lasem sampai tahun 2007. Pertama kali SMP ini dipimpin oleh Wie Siox Nio, B.A, seorang WNI keturunan Cina. Beliau menjabat pada tahun 1965.
            Istilah SMP pada saat itu adalah Panca Bakti dan Nasional. Kemudian pada tahun 1967 berubah menjadi SMP Persiapan Negeri Lasem, yang merupakan filial dari SMP Negeri 2 Rembang.
            Pada tahun 1968 bapak Wie Siox Nio, B.A sebagai kepala sekolah diganti oleh bapak Soeroto. Setelah menunggu lebih kurang 6 tahun, SMP Persiapan Negeri Lasem tersebut dinegerikan tepatnya pada tanggal 23 Januari 1973. Kepala sekolah yang baru bernama bapak Soekrowijono, B.A masa kerjanya dimulai tahun 1973 sampai dengan 1982. Kemudian selama lebih kurang 9 tahun memimpim SMP ini, bapak Soekrowijono diganti oleh Ibu Sri Moeljati pada tahun 1982. Lebih kurang 7 tahun kemudian Ibu Sri Moeljati mutasi ke SMP Negeri 2 Rembang. Puncak pimpinan diserahkan atau digantikan oleh Bapak Soedibyo Praktikno pada tahun 1989. Beliau memimpin SMP Negeri 1 Lasem sampai tahun 1995 atau selama lebih kurang 4 tahun. Pada tahun 1995 Bapak Soedibyo Pratikno mutasi ke SMP Negeri 3 Rembang dan digantikan oleh Bapak Sisworo Pringgosoesilo. Tahun 1997 beliau purna tugas dan digantikan bapak Soemidjan pada tahun 1997 sampai tahun 2002, beliau juga purna tugas dan digantikan oleh kepala sekolah yang kelima yaitu Bapak Drs. M. Mardiyono sampai tahun 2006 karena purna tugas dan kini digantikan oleh Ibu Hj Inayah Abdul Chanan, M.Pd, Bapak Mardiyono sendiri sebenarnya juga seorang guru di SMP ini pada tahun 1967 sampai tahun 1990.
            SMP Negeri 1 Lasem yang dahulunya berada di gedung Galeri Batik Lasem lokasi tersebut karena tidak memenuhi syarat untuk pendidikan dan gedung itu milik pemerintah Kabupaten Rembang. Maka SMP Negeri 1 Lasem dipindah di lokasi sekaran ini. Pada tahun 1982 mulai dibangun sekolah ini ketika itu SMP Negeri 1 Lasem hanya berdiri sejumlah 8 kelas.
            Proses SMP ini menjadi SMP Negeri, datangnya dari arus bawah. Ketika itu Bupati Rembang mengusulkan pada pemerintah pusat Jakarta agar SMP tersebut dinegerikan. Setelah mendapat SK penegerian, maka yang meresmikan ketika itu adalah Menteri Pendidikan Republik Indonesia sehingga SMP Negeri 1 Lasem berkembang baik fisik maupun non-fisik sampai sekarang ini.
Setelah perkembanga sesuai yang telah disebutkan diatas, bahwa sebenarnya peresmian SMP Negeri 1 Lasem sejarahnya dimulai tahun 1973 sehingga sampai saat ini (2011) usia SMP Negeri 1 Lasem sudah berusia 38 Tahun usia yang sudah sangat dewasa dan matang dari berbagai pengalaman dan perjalanan sebuah sekolah. Pantas SMP Negeri 1 Lasem dapat mengukir berbagai prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik.

Perjalanan Setelah Memperoleh Gelar Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)
Kepala Sekolah SMPN 1 Lasem Hj Inayah Abdul Chanan, M.Pd menerangkan, sejak berdiri tanggal 23 Januari 1973 hingga sekarang, sekolah yang dipimpinnya terus mengalami peningkatan mutu baik secara akademis maupun non-akademis. "Bahkan sejak tiga tahun silam, SMPN 1 Lasem, berpredikat Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)," ujarnya.


Menurut Kepala Sekolah yang sedang menyelesaikan pendidikan S3 itu, untuk memperingati hari jadi SMP Negeri 1 Lasem, maka dibentuklah panitia pelaksana, untuk mengadakan serangkaian kegitan.
"Panitia mengagendakan serangkaian kegiatan yang diharapkan dapat menunjang tercapainya visi sekolah. Yaitu, sekolah yang unggul dalam prestasi, menghasilkan lulusan yang inovatif, kompetitif, berakhlak mulia dan berwawasan internasional,” cetusnya.
Kepala Sekolah yang belum lama ini mendapat penghargaan nasional dari Kementrian Agama  menambahkan, ada tujuan khusus SMPN 1 Lasem selalu menggelar lomba mapel terpadu untuk siswa SD/ MI se-Kabupaten Rembang, terutama pesrta yang duduk di kelas 6.
"Kami ingin mencari gambaran kualitas siswa kelas 6 SD/MI yang akan mengikuti UASBN. Sekaligus berupaya menjaring input pada penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran mendatang," ungkapnya.
Ini tak lain karena dengan predikat RSBI yang disandang SMPN 1 Lasem dimana prosentase besar proses pembelajaran menggunakan Bahasa Inggris, tentu dibutuhkan input yang berkualitas. "Agar anak-anak yang diterima dan mengikuti proses pembelajaran di SMPN 1 Lasem tidak menemui kendala, khususnya dalam menggunakan Bahasa Inggris. Karena dengan predikat RSBI yang kita sandang, sebagian mata pelajaran disampaikan dalam bahasa asing tersebut," pungkasnya.  
SMPN 1 Lasem cukup berbangga, karena diantara alumninya sukses dalam berkarier. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Drs Dandung Dwi Sucahyo dan Asisten 1 Sekda Rembang Drs Subakti, tercatat sebagai siswa yang pernah mengenyam pendidikan di sekolah yang beralamat di Jalan Raya No. 1 Lasem, Kabupaten Rembang.


                                     
Daftar Nama Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Lasem:
No
Nama Kepala Sekolah
Tahun Menjabat
1.
Wie Siox Nio, B.A
1965 sampai 1968
2.
Soeroto
1968 sampai 1973
3.
Soekrowijono, B.A
1973 sampai 1982
4.
Sri Moeljati
1982 sampai 1989
5.
Soedibyo Praktikno
1989 sampai 1995
6.
Sisworo Pringgosoesilo
1995 sampai 1997
7.
Soemidjan
1997 sampai 2002
8.
Drs. M. Mardiyono
2002 sampai 2004
9.
10
Drs. Sugeng Soeparto
Hj Inayah Abdul Chanan, M.Pd
2004 sampai 2005
2005 sampai Sekarang

Mars SMP Negeri 1 Lasem
Siswa SMP Negeri 1 Lasem, giat belajar tak mengenal lelah
Siswa SMP Negeri 1 Lasem bersemangat membela Pancasila
Marilah semua belajar bersama demi masa depan kita
Menjunjung derajad bangsa dan Negara
Republik Indonesia tercinta
Cita-cita yang luhur dan mulia
Keluarga SMP Negeri 1 Lasem.
Visi dan Misi SMP Negeri 1 Lasem
Visions
School that is leading in achievment,producing the innovative and competitive graduating that good moral and international perspective.
Missions
1.      Developing the national and international curriculum units
2.      Developing national and international school learning process
3.      Increasing graduating competitive achievement of national and international subjects
4.      Improving national and international academic and non academic achievement
5.      Developing the educators and non educators national and international based
6.      Developing national and international educational facilities
7.      Carrying out the minimal educational standartd
8.      Developing school finance
9.      Developing good moral school life
10.  Developing school healty life style
11.  Developing esthetic values of school life
12.  Developing religius school activities.

2 komentar:

  1. Sungguh hal yang mengejutkan. Dari jaman dulu aku berpikir tak ada etnis tionghoa yang menjadi guru. Namun hari ini aku harus terbelalak mataku dan mangap-mangap mulutku. Wie Siox Nio, B.A adalah nama guru pertama yang aku dengar dari kalangan chinese. Terimakasih pak Wie Siox Nio, B.A.

    BalasHapus
  2. Iya bang hehe,,lasem gt lho...bagaikan little tiongkok..

    BalasHapus