Minggu, 17 Juni 2012

Sejarah Berdiri dan Profil SMP Negeri 2 Sulang Kab. Rembang


 Aku Dedikasikan Untuk Sekolah yang Telah Memberiku Ijin Penelitian Skripsi
Lobi SMP N 2 Sulang
SMP Negeri 2 Sulang Kabupaten Rembang. Kecamatan Sulang adalah salah satu dari 14 kecamatan yang ada di Rembang. Letak SMP Negeri 2 Sulang tidak terlalu jauh dari pusat kota Rembang tepatnya di jalan Rembang-Sumber Km. 3 desa Seren kecamatan Sulang No telfon (0295) 5503123 hanya sekitar 3 km ke arah tenggara kota Rembang dengan jalan aspal mulus serta mudah dijangkau menggunakan angkutan desa dan angkutan tradisional yaitu dokar.
Sebagai sekolah yang terakreditasi A dan merupakan Sekolah Standart Nasional, SMP Negeri 2 Sulang mempunyai sarana dan prasarana memadai dan cukup lengkap sehingga mempermudah siswa untuk melakukan proses pembelajaran, walaupun letak bangunan sekolah berada dekat area perkebunan tebu dan area persawahan penduduk sekolah ini mampu mencetak siswa-siswi yang berprestasi. Siswa-siswi di SMP Negeri 2 Sulang sebagian besar berasal dari desa sekitar yang keluarganya berlatar belakang wiraswasta, petani, serta pegawai negeri. Keunggulan lainnya yaitu sekolah ini memiliki lapangan sepak bola standart terpisah dengan lapangan upacara yang terletak di tengah-tengah komplek bangunan sekolah, lapanga volly, serta lapangan basket yang cukup bagus. Adanya musholla sekolah yang bersih dan terawat melengkapi keinginan warga sekolah untuk melaksanakan ibadah bagi yang beragama Muslim, terkadang musholla ini juga digunakan sebagai tempat acara besar keagamaan seperti Maulud Nabi, Idul Qurban, serta hari raya keagamaan lainnya.
SMP Negeri 2 Sulang berdiri tahun 1990 atau berdiri pada tahun ajaran 1990/1991 dengan nomor statistik 2010031708049 akreditasi sekolah A, kategoru sekolah SSN, status kepemilikan tanah/bangunan sebagai milik pemerintah dengan luas tanah 13.430 m2/HGB, luas bangunan 5. 170 m2. Untuk menyimpan dan pengiriman biaya operasional sekolah serta kegiatan pembiayaan sekolah ini memiliki nomor rekening sekolah 3-029-10883-8 pada Bank BPD cabang Rembang.
Bagian Depan SMP N 2 Sulang
Sarana yang menunjang kegiatan siswa telah sekolah sediakan dan cukup lengkap memiki jumlah ruang kelas sebanyak 16  ruangan masing-masing berukuran 7x9 m2, ruang kantor guru, kepala sekolah, ruang tata usaha, perpustakaan berukuran 15x8 m2, laboratorium IPA 2 ruangan masing-masing berukuran 18x8 m2, laboratoriun bahasa 9x7 m2, laboratorium komputer 15x8 m2, ruang ketermpilan 9x7 m2, ruang kesenian 9x7 m2, selain itu masih ada ruangan Osis, Pramuka, pos keamanan 2x2 m2, musholla, tempat parkir guru dan siswa, kamar mandi terpisah antara guru dan siswa. Perlu diketahui seluruh area di SMP Negeri 2 Sulang sudah terkoneksi dengan hot spot sehingga mempermudah siswa dan guru untuk mengakses internet sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar.
Staf guru dan karyawan di SMP Negeri 2 Sulang berjumlah 37 orang terdiri dari guru tetap (PNS) 26 orang, guru tidak tetap 2 orang, karyawan tata usaha 4 orang, pegawai perpustakaan 1 orang, penjaga sekolah serta petugas keamanan masing-masing 2 dan 1 orang.
Jumlah siswa dari tahun ketahun tidak jauh berbeda. Pada tahun ajaran 2011/2012 SMP Negeri 2 Sulang mempunyai jumlah siswa 499 terdiri dari kelas VII 160 siswam, kelas VIII 150 siswa, dan kelas IX 189 siswa. Sebagai salah satu sekolah menengah pertama negeri di kabupaten Rembang yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan, maka SMP Negeri 2 Sulang memilki visi dan misi sekolah yaitu:
Visi
“Luhur dalam budi, kokoh dalam iman, kreatif dalam meraih prestasi”
Indikator:
1.      Terwujudnya pengembangan dan peningkatan kualitas SMP Negeri 2 Sulang yang sesuai Standar Nasional Pendidikan
2.      Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang unggul dalam prestasi dan kaya dalam kreasi
3.      Terwujudnya peningkatan/pengembangan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
4.      Terwujudnya peningkatan/pengembangan prestasi akademik dan non akademik.
Misi
1.      Mewujudkan peningkatan kualitas Sekolah sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan dan Standar Penilaian Pendidikan)
2.      Mewujudkan pendidikan yang menghasilkan Lulusan yang cerdas, trampil, berbudi, beriman, bertaqwa dan memiliki keunggulan kompetitif
3.      Menumbuhkembangkan nilai-nilai budi pekerti yang luhur dalam sikap dan perilaku sehari-hari
4.      Membangun komitmen untuk selalu patuh dan taat menjalankan perintah Tuhan Sang Pencipta dan menjauhi larangan-Nya
5.      Memotivasi dan meningkatkan semangat siswa dalam berkompetisi meraih prestasi
6.      Menumbuhkembangkan bakat dan prestasi siswa dengan kebebasan berekspresi dan bereksplorasi konstruktif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar