Minggu, 08 April 2012

Tugu Lilin Rembang

Tugu Lilin dari Waktu ke waktu

Info Ringan, Tugu Lilin Rembang
            Anda Sebagai warga Rembang tentu tidak asing lagi dengan Tugu Lilin, mungkin dalam bayangan anda akan membayangkan sebuah tugu yang berbentuk seperti lilin? ya benar.
Tugu Lilin adalah salah satu monumen bersejarah yang dimiliki Rembang untuk mengenang perjuangan pahlawan dalam melawan penjajah. Tepat di depan Balai Kartini (Gedung DPRD Rembang  Lama) yang sekarang berdiri kokoh sebuah tugu dengan relief-relief perjuangan Tentara Keamanan Rakyat saat melawan penjajah Belanda pada agresi militer Belanda ke-2 masuk ke kota Rembang. Para pejuang yang sedang berpatroli berpapasan lagsung dengan tentara Belanda di daerah Pantura Pandean pertempuran-pun tak terelakkan banyak pejuang kita yang gugur di tempat itu. Pesenjataan tentara Republik yang sederhana tak mampu melawan pasukan Belanda yang membawa Tank, Kendaraan lapis baja lengkap dengan senjata canggihnya saat itu.
Ya Seperti yang bisa kita saksikan sekarang tugu lilin juga berada di depan Pasar Rembang. Perlu diketahhui bahwa Tugu lilin yang berada di depan pasar Rembang hanyalah Duplikat dari Tugu lilin yang berada di depan Balai Kartini Rembang karena memang tugu lilin yang berada di depan  Balai Kartini sebelun tahun 1970-an berbentuk seperti lilin yang menggambarkan nyala semangat sekaligus tanda berkabung untuk menghormati pahlawan yang gugur ditempat itu. Kini Tugu Lilin yang asli malah berbentuk prisma segi Lima yang semakin mengecil ke puncaknya dan terdapat kobaran api yang menyala-nyala menunjukkan kobaran semangat yang takkan pernah padam. pada tahun 2005 tugu lilin semakin menambah rasa heroik kita dengan di tambahkan Reliaf-relief perjuangan pahlawan saat melawan penjajah di tempat itu. Kini tugu lilin terliht sangat apik dilengakapi tempat duduk dari cor, pagar rendah, pepohonan taman yang rimbun bahkan sudah dilengkapi dengan free hotspot yang memungkinkan pengunjung untuk ber-internet ria sekaligus mengenang perjuangan pahlawan. Sekali lagi Tugu Lilin yang sebenarnya (asli) berada di depan  Balai Kartini Rembang sedangkan yang berada di depan pasar Rembang hanyalah duplikatnya saja (S. A Atmaja).

2 komentar:

  1. opo tah bang? bang skali2 blogmu di isi keunikan Kudus bang,,hehe tari kretek bang,,aku pnasaran

    BalasHapus