Senin, 14 Mei 2012

Ibu Endang Sang Pencipta Tari Kretek Kudus

Baju adat Kudus untuk tari kretek

Tari Kretek, Terinspirasi dari Buruh Pembuat Rokok Kretek  Kudus
Dia adalah Ibu Endang Tonny Supriyadi, sang pencipta tari kretek ini. “Sudah lama saya menciptakan Tari Kretek ini, sekitar tahun 1985”, ungkap ibu yang beralamatkan di Jl. Gazebo Raya Blok I Perum Muria Indah, Kudus. Menariknya proses menciptakan tari yang menjadi tarian khas Kabupaten Kudus ini, terjadi secara tidak sengaja. Kendati ia belajar tari di jurusan tari Akademi Seni Tari Indonesia Jogjakarta yang kini menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) sekaligus belajar di Padepokan Seni bagong Kusdiarjo.
“idenya justru dari Soeparjdo Rustam, yang waktu itu menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah. Sewaktu melakukan peletakan batu pertama pembangunan Museum Kretek sekitar tahun 1984. Dalam sambutannya beliau mengatakan tidak mau lagi disuguhi tari daerah lain untuk peresmian,melainkkan harus tari khas Kudus” terangnya.
Kasi kebudayaan Dwijo Surnono ditugaskan mempersiapkan penciptaan tari khas sebagaimana diharapkan oleh orang nomor satu di Jateng saat itu. “saya berterima kasih dipercaya membuat tarian ini” ungkap ibu empat anak ini.
Ibu Endang sebenarnya tidak hanya menciptakan tari kretek, tetapi ia juga menciptakan tarian lain seperti Tari tongtek, Tari Siskamling, Tari Gema Takbir, Tari Pesona nusantara, dan Tari Becak. Namun Tari Kreteklah yang membuat namanya dikenal di jajaran seniman tari di Nusantara.
Dalam menciptakan ia tak pernah bisa melupakan jasa-jasa orang yang telah memberi sumbangan, baik material, maupun inspirasi. Nama FX Supanji dari Djarum adalah salah satu nama yang sangat berperan besar dalam penggalian ide yang membuat dimanifestasikan dalam olah gerak.
“FX supanji bahkan mengantarkan saya sendiri ke pabrik Djarum bagaimana proses pembuatan rokok kretek. Selama dua minggu saya belajar kepada Buruh Bathil (buruh pembuat rokok kretek_red) di perusahaan Djarum”.
Dari pengamatan roses pembuatan rokok kretek inilah, ujar endang, ide dasar gerak tari kretek diciptakan “hanya saja, dalam perkembangannya menyesuaikan agar terlihat lebih indah dan selaras dengan musiknya”.
Kebahagiaan dari hasil penciptaannya atas tari kretek ini pun terlihat sudah. Antara lain dengan banyak masyarakat yang mempelajari tari kretek, bahkan tak sendikit mahasiswa dari berbagai universitas menjadikan tari kretek sebagai judul skripsinya.
Namun di tengah kebahagiaannya melihat berbagai apresiasi terhadap karya ciptanya, ia masih memendam keinginan yang belum terwujud hingga sekarang “saya akan mematenkannya. Meski saat ini masyarakat sudah mengetahui Tari Kretek sebagai karya saya. Apalagi dengan masuknya tarian ini di film Kudus Kota Kretek, ungkapnya”.
Biodata Pencipta Tari Kretek
Nama: Endang Tonny Supriyadi
TTL: Kudus 13 Januari 1961
Alamat Rumah: Jl. Buburan No 208 Barongan, Kudus  dan Jl. Gazebo raya Blok I Perum Muria Indah, Kudus
                Pendidikan terahir: Akademi Seni Tari Indonesia Yogyakarta (Tidak Tamat)
                Prestasi: Pemuda Pelopor Bidang Seni Budaya Kudus
                                  Pemuda Pelopor Bidang Seni Budaya Jateng
                 Berbagai Penghargaan dari Ikatan Model Indonesia tingkat Jateng & Nasional
Sumber: Suara Muria 10 Mei 2012  dengan gubahan seperlunya.
               priyatmaja.blogspot.com
           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar