Selasa, 22 Mei 2012

Jangan Sebut Kami “Bento”



Realita uniknya bahasa orang Rembang
gedung DPRD Rembang
Setelah di tulisan sebelumnya saya membahas logat khas Rembang -em, -nem dan –leh. Kini saya akan menguak realita arti kata yang khas dari Kabupaten Rembang yaitu kata Bento. Bento dalam bahasa Jepang artinya nasi bekal untuk sarapan. Namun beda arti bagi kami orang Rembang.
            Iwan Fals pernah membuat lagu yang judulnya Bento tapi itu juga beda arti dengan Bentonya orang Rembang, dan Bentonya Orang Jepang, lagu Bento Iwan Fals ini menurut kabar adalah singakatan untuk menyindir salah satu penguasa negri kita saat itu karena memang iwan fals terkenal dengan lagu-lagu yang kritikan untuk pemerintah.
Hoka-Hoka Bento ahir-ahir ini menjadi kata yang cukup populer di Indonesia, apa sebenarnya arti hoka-hoka bento? Hoka-hoka artinya hangat maksudnya masakan hangat, sedangkan Bento adalah bekal, box lunch, nasi bungkus, nasi bekal, yang di bawa ke kantor atau sekolah namun itu bahasa Jepang beda jauh dong sama orang Rembang memaknai Bento itu bahkan maknanya akan lebih Ekstrem...wow!
Baiklah langsung saja....
Bento dalam bahasa sehari-hari di Rembang sering di tujukan pada hal-hal yang berbau ketidak warasan, perilaku yang dianggap tidak pantas, pemikiran yang bodoh, atau bahkan di ucapkan karena jengkel yang berlebihan. Nah sekarang jangan sekali-kali sembarangan mengucapkan kata Bento di Rembang..hehe ©priyatmaja.blogspot.com

           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar